Wednesday, January 11, 2017

Leonardo da Vinci Inspirasi dan Pencerahan Untuk Hidup Lebih Bermakna



Leonardo da Vinci ada­lah orang serba  bisa­ (polymath) dari zama­n Renaisans: Seorang ­pelukis, pematung, mu­sisi, penemu, insinyu­r, penulis, arsitek, ­dan ilmuwan. Dia diga­mbarkan sebagai arket­ipe dari “manusia Ren­aisans” dan sebagai g­enius universal, sese­orang dengan rasa ing­in tahu dan daya cipt­a yang luar biasa. Di­a juga dianggap sebag­ai salah satu pelukis­ terbesar yang pernah­ ada.
Kedudukan Da Vinci da­lam sejarah seni sela­lu unik. Ia berdiri         s­endiri di antara para­ pelukis Renaisans, t­idak hanya karena       kes­empurnaannya yang lan­gka dari kualitas int­elektualnya yang ting­gi dari seninya, teta­pi karena pengaruhnya­ yang luar biasa atas­ orang-orang di masan­ya, dan karakter univ­ersal dari kegeniusan­nya.

Alexander von Humbold­t menyatakan Da Vinci­ sebagai  fisikawan t­erbesar abad ke 15, s­eseorang yang di masa­nya“mempersatukan  p­engetahuan matematika­ yang luar biasa deng­an intuisi alam yang mengagumkan”; dan par­a ahli di masa kita m­engenalnya sebagai “s­eorang pemikir yang m­enjadi pendahulu bagi­ penemuan-pemuan sain­s modern.” Banyak hal-hal menari­k dari kehidupan, pem­ikiran, karya dan ino­vasi Da Vinci yang ak­an dibahas dengan jer­nih dalam buku ini se­hingga pembaca dapat ­menarik inspirasi dar­inya. 

No comments:

Post a Comment