Tuesday, March 24, 2015

Pengembangan Diri dengan Membaca

Siapapun tidak meragukan lagi manfaat membaca. Aktifitas ini merupakan sarana untuk menambah informasi, meningkatkan kemampuan berpikir, membantu memecahkan masalah, memperluas perspektif dan wawasan. Dengan semua manfaat tersebut maka membaca dapat membantu pengembangan diri seseorang. Tidak heran bila di negara-negara maju pada umumnya orang-orangnya suka membaca.

Jika kita telah mengetahui manfaat membaca, mengapa kita masih sulit menumbuhkan kebiasaan tersebut? Bahkan kita pun sulit untuk menanamkan kebiasaan membaca pada anak-anak kita dan membiarkan mereka asyik dengan TV atau game.


Salah satu penyebabnya adalah karena kita terbiasa berpikir secara instan. Kita malas membaca karena soalah tidak merasakan manfaatnya secara langsung; tidak seperti mengonsumsi sambal yang langsung terasa pedasnya. Padahal manfaat dari membaca tidak seperti itu.

Untuk memberikan manfaat maksimal dari membaca maka beberapa hal berikut ini perlu Anda perhatikan:

1. Pilihlah bahan bacaan yang sangat Anda minati. Jangan sungkan-sungkan untuk merogoh kocek Anda untuk membeli bahan-bahan bacaan tersebut. Hal itu akan menjadi investasi yang berharga bagi Anda. Tidak akan rugi.

2. Miliki teman diskusi atau komunitas untuk mendiskusikan tema-tema yang Anda minati. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menuangkan ide-ide yang Anda dapati dari bahan-bahan bacaan Anda sehingga akan turut mengembangkan ide-ide Anda sendiri. Anda juga akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru dari rekan-rekan diskusi Anda. Jadi, jangan dipendam seorang diri.

3. Tuliskan apa yang Anda baca, baik dalam catatan maupun dalam blog ataupun website. Selain akan mengembangkan wawasan juga akan semakin menguatkan minat membaca Anda.

4. Berpikirlah secara luwes, imajinatif dan reflektif agar bahan-bahan bacaan Anda dapat disesuaikan dengan kehidupan Anda sehingga dapat membantu memecahkan masalah, menemukan solusi-solusi baru, bahkan menemukan makna hidup Anda.

5.  Tumbuhkan suasana dan cinta membaca di rumah Anda sehingga setiap anggota keluarga memberikan prioritas pada aktifitas membaca. Adakan diskusi santai dalam keluarga bersama anak-anak Anda.

Jika aktifitas membaca dapat menjadi kebiasaan dan prioritas dalam kehidupan Anda dan keluarga Anda maka buahnya akan Anda rasakan bersama. Selamat mencoba

1 comment: