Tulisan ini sebenarnya merupakan penutup
bagi artikel-artikel sebelumnya. Karena itu di sini saya mencantumkan
sumber-sumber pustaka yang saya gunakan sebagai referensi bagi semua artikel yang
telah diposting sebelumnya (selama Februari 2015).Semoga bermanfaat.
Perlu saya
tuliskan kembali bahwa kecerdasan merupakan potensi yang terdapat dalam diri
setiap individu yang memberikan kemampuan untuk memahami, berinteraksi dan
beradaptasi dengan orang lain maupun lingkungan tempat ia hidup.
Kecerdasan
berkembang seiring dengan proses pertumbuhan individu sehingga kecerdasan
bersifat “lentur” dan siap untuk dikembangkan. Setiap individu memiliki potensi
semacam ini, sehingga tidak seorang pun dapat dijustifikasi sebagai anak bodoh.
Bagi kalangan pendidikan, pandangan positif ini penting agar mereka dapat
menemukan kecerdasan yang khas pada setiap anak.
Dengan
sifatnya yang adaptable kecerdasan
amat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Karena itu menciptakan lingkungan
yang kondusif merupakan syarat utama bagi pengembangan kecerdasan tiap
individu, mulai dari keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan.
Teori multiple intelligences sangat membantu
dalam memahami kecerdasan dan juga membantu dalam menentukan strategi
pengembangan kecerdasan yang disesuaikan dengan sifat-sifat unik dari setiap
individu. Dalam hal ini setiap individu dipandang memiliki banyak kecerdasan
dan membutuhkan penanganan khusus untuk mengembangkan kecerdasan tersebut,
termasuk diantaranya penyesuaian gaya belajar (learning style).
Banyaknya
kecerdasan yang dimiliki setiap individu dapat dikembangkan secara bersamaan, dapat
pula dominan hanya pada satu jenis kecerdasan saja. Bagi individu tertentu,
khususnya yang memiliki bakat istimewa dan dukungan lingkungan kondusif, dapat
mengembangkan banyak kecerdasan. Hal ini seperti yang ditunjukkan oleh kalangan
ilmuwan Muslim. Pada umumnya mereka memiliki kecerdasan linguistic,
logis-matematis, visual-spasial, musikal, interpersonal, intrapersonal,
natural, spiritual dan eksistensial. Namun harus diingat bahwa hasil yang
mereka capai ini tidak semata-mata karena bakat tetapi juga banyak mengandalkan
faktor-faktor psikologis (seperti kuriositas, tekun, fokus, dll) dan sosiologis
(komunitas belajar, lembaga pendidikan, peran guru, dll). Dan mungkin saja bagi
seseorang untuk mengembangkan kecerdasan seperti mereka asalkan memenuhi faktor-faktor
yang diperlukan untuk itu. Dengan menemukan dan mengembangkan kecerdasan yang
Anda miliki maka kesempatan untuk meraih kesuksesan akan sangat besar.
Sumber
Seluruh
artikel yang telah saya posting sebelumnya (selama februari 2015) menggunakan sumber-sumber kepustakaan
di bawah ini:
Abdulla,
Rafiq, Words of Paradise, Selected Poems
of Rumi, (London: Frances Linciln Limited, 2000)
Adamson,
Peter, al-Kindi, (Oxford University Press, 2007)
Ahwani,
Ahmad Fuad, Filsafat Islam, terj. Sutardji Calzoum Bachri, (Jakarta:
Pustaka Firdaus, 1997)
Asad,
Muhammad, Islam at the Cross Road,
(Malaysia, Selangor: Mutiara Majestic, 1982)
---------------------,
The Massage of the Qur’an, (Gibraltar: Dar al-Andalus,
1980).
Barks,
Coleman, Rumi: The Book of Love, Poems of Ecstasy and Longing, (New
York: HarperCollins Publisher, 2003)
Binet,
Alfred & Theodore Simon, The
Development of Intelligences in Children, (Baltimore: Williams &
Wilkins, 1905)
Bunch,
Bryan & Alexander Hellemans, The
History of Science and Technology, (New York: Houghton Mifflin Company,
2004)
Campo, Juan
E. (ed.), Encyclopedia of Islam, (New
York: Facts on File, 2009)
Chatib,
Munif, Sekolahnya Manusia, (Bandung: Kaifa, 2010)
Chittick,
William C., The Sufi Path of Love, (Albany: State University of New York Press,
1983)
--------------------,
The Sufi Doctrin of Rumi, (Bloomington,
Indiana, 2005)
Corbin,
Henry, History of Islamic Philosophy, (London & New York: Kegan Paul
International, 1962)
Daudy,
Ahmad, Kuliah Filsafat Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1992)
Davis, Hadland, The Persian Mystics Jalal al-Din Rumi, (London: John Murray,
Albemarle Street,1912).
Dunn R.
& K. Dunn, Teaching Secondary
Students through Their Individual Learning Styles, (Boston: Allyn &
Bacon, 1993)
Dunn R.
& S.A. Griggs, Synthesis of the Dunn
and Dunn Learning-style Model Research, (New York: St. John University Centre for the
Study of Learning and Teaching Styles, 2003)
Encyclopedia Britannica, The Britannica Guide to the 100 Most Influential Scientist, (United
Kingdom: Encyclopedia Britannica Inc., 2008)
Esposito,
John L., The Oxford History of Islam, (New
York: Oxford University press, 1999)
Fakhry,
Majid, al-Farabi, Founder of Islamic
Neoplatonism, (Oxford: Oneworld Publication, 2002)
Field,
Claud, Mystics and Saints of Islam, (London:
Francis Griffiths, 1910)
Freedheim,
Donald K. & Irving B. Weiner, Handbook
of Psychology: Volume 1, History of Psychology, (New Jersey: John Wiley
& Sons, Inc., 2003)
Gardner,
Howard, Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences, (New
York: Basic Books, 1983)
---------------------,
Intelligence Reframed: Multiple
Intelligences for the 21st Century, (New York Basic Books, 1999)
Groff,
Peter S., Islamic Philosophy A-Z, (Edinburgh: Edinburgh University Press,
2007)
Hammond,
Robert, The Philosophy of al-Farabi and
It’s Influence on Medieval Thought, (New York: The Hobson Book press, 1947)
Hassani,
Salim T.S., 1001 Invention Muslim
Heritage in Our World, (UK: Foundation for Science Technology and
Civilization, )
Heriyanto,
Husain, Menggali Nalar Saintifik Peradaban Islam, (Bandung: Mizan, 2011)
Iqbal,
Muzaffar, Science and Islam, (London:
Greenwood Press, 2007)
Lewis,
Bernard, The Arab in History, (New
York: Oxford University Press, 1993).
Martin,
Richard C., Encyclopedia of Islam and the
Muslim World, (New York: Mcmillan Reference, 2004)
Matsumoto,
David (ed.), The Cambridge Dictionary of
Psychology, (New York: Cambridge University Press, 2009)
Mauludi, Sahrul, Ibn
Khaldun: Perintis Kajian Ilmu Sosial
Modern (Jakarta: Dian Rakyat, 2012)
McAuliffe, Jane Dammen, Encyclopedia of the Qur’an, (Leiden:
Brill, 2001), vol.5
Meri, Josef
W. (ed.), Medieval Islamic Civilization
an Encyclopedia, (New York: 2006)
Nadwi, Hasan, Jalaluddin Rumi Sufi Penyair Terbesar, terj. M. Adib Bisri,
(Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000)
Nelson,
K., Developing
Students Multiple Intelligences, (New York: Scholastic, 1998)
Nigosian,
S.A., Islam: Its History, Teaching and
Practices, (Indiana University Press, 2004)
Padersen,
J., Fajar Intelektualisme Islam, (Bandung:
Mizan, 1996)
Palmer, Joy A. (ed.), Fifty Major Thinkers On Education From
Confucius to Dewey, (London and New York: Routledge, 2001)
Piaget, j.,
Psychology of Intelligence, (New
Jersey: Littlefield, Adams & Co., 1960)
Rahman,
Fazlur, Avicenna’s Psychology, (London : Oxford University Press,1959)
Reynolds,
William M. & Gloria E. Miller, Irving B. Weiner (ed.), Handbook of Psychology volume 7 Educational Psychology, (New
Jersey: John Wiley & Sons, 2003)
Rose,
Collin & Malcolm J. Nichols, Accelerated Learning for the 21st
Century, (London, Piatkus, 1997)
Sharif,
M.M., A History of Muslim Philosophy, (Otto
Harrassowitz, Wiesbaden, 1996)
Steven W.
Lee (ed.), Encyclopedia of School
Pychology, (London: Sage Publications, 2005)
Sternberg,
Robert J., Contemporary Theories of
Intelligences, op.cit., vol 7
Strickland,
Bonnie, The Gale Encyclopedia of
Psychology, (Farmington Hills: Gale Group, 2001)
Wells, H.G., A
Short History of the World, (copyright blackmask online 2002, www.blackmask.com)
Yunus, Mahmud,
Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Hidakarya Agung, 1986)
SITES
http://www.multipleintelligencetheory.co.uk
http://www.lifecircles-inc.com
http://anakanakjenius.blogspot.com
Bagus dan lengkap banget
ReplyDeleteSemoga bermanfaat
Delete