Thursday, February 26, 2015

Maksimalkan Kecerdasan, Raih Kesuksesan

Tulisan ini sebenarnya merupakan penutup bagi artikel-artikel sebelumnya. Karena itu di sini saya mencantumkan sumber-sumber pustaka yang saya gunakan sebagai referensi bagi semua artikel yang telah diposting sebelumnya (selama Februari 2015).Semoga bermanfaat.

Perlu saya tuliskan kembali bahwa kecerdasan merupakan potensi yang terdapat dalam diri setiap individu yang memberikan kemampuan untuk memahami, berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain maupun lingkungan tempat ia hidup.

Kecerdasan berkembang seiring dengan proses pertumbuhan individu sehingga kecerdasan bersifat “lentur” dan siap untuk dikembangkan. Setiap individu memiliki potensi semacam ini, sehingga tidak seorang pun dapat dijustifikasi sebagai anak bodoh. Bagi kalangan pendidikan, pandangan positif ini penting agar mereka dapat menemukan kecerdasan yang khas pada setiap anak.


Dengan sifatnya yang adaptable kecerdasan amat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Karena itu menciptakan lingkungan yang kondusif merupakan syarat utama bagi pengembangan kecerdasan tiap individu, mulai dari keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan.

Teori multiple intelligences sangat membantu dalam memahami kecerdasan dan juga membantu dalam menentukan strategi pengembangan kecerdasan yang disesuaikan dengan sifat-sifat unik dari setiap individu. Dalam hal ini setiap individu dipandang memiliki banyak kecerdasan dan membutuhkan penanganan khusus untuk mengembangkan kecerdasan tersebut, termasuk diantaranya penyesuaian gaya belajar (learning style).

Banyaknya kecerdasan yang dimiliki setiap individu dapat dikembangkan secara bersamaan, dapat pula dominan hanya pada satu jenis kecerdasan saja. Bagi individu tertentu, khususnya yang memiliki bakat istimewa dan dukungan lingkungan kondusif, dapat mengembangkan banyak kecerdasan. Hal ini seperti yang ditunjukkan oleh kalangan ilmuwan Muslim. Pada umumnya mereka memiliki kecerdasan linguistic, logis-matematis, visual-spasial, musikal, interpersonal, intrapersonal, natural, spiritual dan eksistensial. Namun harus diingat bahwa hasil yang mereka capai ini tidak semata-mata karena bakat tetapi juga banyak mengandalkan faktor-faktor psikologis (seperti kuriositas, tekun, fokus, dll) dan sosiologis (komunitas belajar, lembaga pendidikan, peran guru, dll). Dan mungkin saja bagi seseorang untuk mengembangkan kecerdasan seperti mereka asalkan memenuhi faktor-faktor yang diperlukan untuk itu. Dengan menemukan dan mengembangkan kecerdasan yang Anda miliki maka kesempatan untuk meraih kesuksesan akan sangat besar.


Sumber

Seluruh artikel yang telah saya posting sebelumnya (selama februari 2015) menggunakan sumber-sumber kepustakaan di bawah ini:

Abdulla, Rafiq, Words of Paradise, Selected Poems of Rumi, (London: Frances Linciln Limited, 2000)
Adamson, Peter,  al-Kindi, (Oxford University Press, 2007)
Ahwani, Ahmad Fuad, Filsafat Islam, terj. Sutardji Calzoum Bachri, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997)
Asad, Muhammad, Islam at the Cross Road, (Malaysia, Selangor: Mutiara Majestic, 1982)
---------------------, The Massage of  the Qur’an, (Gibraltar: Dar al-Andalus, 1980).
Barks, Coleman, Rumi: The Book of  Love, Poems of Ecstasy and Longing, (New York: HarperCollins Publisher, 2003)
Binet, Alfred & Theodore Simon, The Development of Intelligences in Children, (Baltimore: Williams & Wilkins, 1905)
Bunch, Bryan & Alexander Hellemans, The History of Science and Technology, (New York: Houghton Mifflin Company, 2004)         
Campo, Juan E. (ed.), Encyclopedia of Islam, (New York: Facts on File, 2009)
Chatib, Munif, Sekolahnya Manusia, (Bandung: Kaifa, 2010)
Chittick, William C.,  The Sufi Path of Love, (Albany: State University of New York Press, 1983)
--------------------, The Sufi Doctrin of Rumi, (Bloomington, Indiana, 2005)
Corbin, Henry, History of Islamic Philosophy, (London & New York: Kegan Paul International, 1962)
Daudy, Ahmad, Kuliah Filsafat Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1992)
Davis, Hadland, The Persian Mystics Jalal al-Din Rumi, (London: John Murray, Albemarle Street,1912).
Dunn R. & K. Dunn, Teaching Secondary Students through Their Individual Learning Styles, (Boston: Allyn & Bacon, 1993)
Dunn R. & S.A. Griggs, Synthesis of the Dunn and Dunn Learning-style Model Research,  (New York: St. John University Centre for the Study of Learning and Teaching Styles, 2003)
Encyclopedia Britannica, The Britannica Guide to the 100 Most Influential Scientist, (United Kingdom: Encyclopedia Britannica Inc., 2008)
Esposito, John L., The Oxford History of Islam, (New York: Oxford University press, 1999)
Fakhry, Majid, al-Farabi, Founder of Islamic Neoplatonism, (Oxford: Oneworld Publication, 2002)
Field, Claud, Mystics and Saints of Islam, (London: Francis Griffiths, 1910)
Freedheim, Donald K. & Irving B. Weiner, Handbook of Psychology: Volume 1, History of Psychology, (New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2003)
Gardner, Howard, Frames of  Mind: The Theory of Multiple Intelligences, (New York: Basic Books, 1983)
---------------------, Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century, (New York Basic Books, 1999)
Groff, Peter S.,  Islamic Philosophy A-Z, (Edinburgh: Edinburgh University Press, 2007)
Hammond, Robert, The Philosophy of al-Farabi and It’s Influence on Medieval Thought, (New York: The Hobson Book press, 1947)
Hassani, Salim T.S., 1001 Invention Muslim Heritage in Our World, (UK: Foundation for Science Technology and Civilization, )
Heriyanto, Husain, Menggali Nalar Saintifik Peradaban Islam, (Bandung: Mizan, 2011)
Iqbal, Muzaffar, Science and Islam, (London: Greenwood Press, 2007)
Lewis, Bernard, The Arab in History, (New York: Oxford University Press, 1993).
Martin, Richard C., Encyclopedia of Islam and the Muslim World, (New York: Mcmillan Reference, 2004)
Matsumoto, David (ed.), The Cambridge Dictionary of Psychology, (New York: Cambridge University Press, 2009)
Mauludi, Sahrul, Ibn Khaldun: Perintis Kajian Ilmu Sosial Modern (Jakarta: Dian Rakyat, 2012)
McAuliffe, Jane Dammen, Encyclopedia of the Qur’an, (Leiden: Brill, 2001), vol.5
Meri, Josef W. (ed.), Medieval Islamic Civilization an Encyclopedia, (New York: 2006)
Nadwi, Hasan, Jalaluddin Rumi Sufi Penyair Terbesar, terj. M. Adib Bisri, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000)
Nelson, K.,  Developing Students Multiple Intelligences, (New York: Scholastic, 1998)
Nigosian, S.A., Islam: Its History, Teaching and Practices, (Indiana University Press, 2004)
Padersen, J., Fajar Intelektualisme Islam, (Bandung: Mizan, 1996)
Palmer, Joy A. (ed.), Fifty Major Thinkers On Education From Confucius to Dewey, (London and New York: Routledge, 2001)
Piaget, j., Psychology of Intelligence, (New Jersey: Littlefield, Adams & Co., 1960)
Rahman, Fazlur,  Avicenna’s Psychology,  (London : Oxford University Press,1959)
Reynolds, William M. & Gloria E. Miller, Irving B. Weiner (ed.), Handbook of Psychology volume 7 Educational Psychology, (New Jersey: John Wiley & Sons, 2003)
Rose, Collin & Malcolm J. Nichols, Accelerated Learning for the 21st Century, (London, Piatkus, 1997)
Sharif, M.M., A History of Muslim Philosophy, (Otto Harrassowitz, Wiesbaden, 1996)
Steven W. Lee (ed.), Encyclopedia of School Pychology, (London: Sage Publications, 2005)
Sternberg, Robert J., Contemporary Theories of Intelligences, op.cit., vol 7
Strickland, Bonnie, The Gale Encyclopedia of Psychology, (Farmington Hills: Gale Group, 2001)
Wells, H.G., A Short History of the World, (copyright blackmask online 2002, www.blackmask.com)
Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Hidakarya Agung, 1986)



SITES

http://www.multipleintelligencetheory.co.uk
http://www.lifecircles-inc.com
http://anakanakjenius.blogspot.com

2 comments: